Sunday, August 28, 2016

Batik Gemawang




BATIK GEMAWANG


Sekilas tentang Batik Gemawang

Batik Gemawang merupakan komunitas perajin batik yang tergabung dalam Kelompok Belajar Usaha (KBU) "Nyi Ageng Pandanaran" di Desa Gemawang. Batik Gemawang mulai bangkit awal tahun 2006, saat diadakan pelatihan membatik untuk warga oleh Yayasan Losari yang dipimpin oleh Gabriella Teggia, pendiri Losari Coffe Plantation.

Mulai saat itu, membatik menjadi salah satu kegiatan masyarakat Desa Gemawang. Untuk mewadahi para perajin batik dalam hal pemasaran peningkatan keterampilan membatik, pada bulan Juni 2008 beberapa perajin membentuk sebuah perkumpulan/paguyuban dengan nama Kelompok Belajar Usaha (KBU) Batik "Nyi Ageng Pandanaran".

Secara bersama-sama kelompok ini mengembangkan kemampuan membatik untuk anggota dan masyarakat yang berminat. dan sekaligus menjadi ujung tombak dalam pemasaran hasil produksi Batik Gemawang.

KBU Batik "Nyi Ageng Pandanaran" hanya menyediakan batik asli hadmade, bukan printing atau kain motif. Bahkan Anda dapat membuat motif sendiri untuk kami buat menjadi sehelai batik.

Ekspor Batik pada Tahun 2014 Meningkat
 Pekerja mewarnai kain batik untuk keperluan ekspor ke Malaysia di Sentra Batik Gemawang, Bedono, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (2/2). Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor batik nasional, berdasarkan data pada Juli 2014, mencapai sekitar 200 juta dolar AS atau tumbuh 24,64 persen dibandingkan periode yang sama pada 2013. (ANTARA/Aditya Pradana Putra/BD)




Sumber : http://batikgemawang.com/

0 comments:

Post a Comment